Jumat, 30 Mei 2014

Metode “ROLE PLAYING”


Metode “ROLE PLAYING”

Presented by : Syahyar Ridhana Putra

       Menurut husein Achmad, Role Playing adalah salah satu bentuk permainan pendidikan yang dipakai untuk menjelaskan, sikap, tingkah laku, dan nilai drngan tujuan menghayati perasaan, sudut pandang dan cara berfikir orang lain. Metode role playing ditekankan pada setiap individu siswa dalam memerankan suatu tokoh pada drama yang bersangkutan. Dengan metode role playing siswa diharapkan dapat memerankan berbagai figure dan menghayati dalam berbagai situasi. Jika metode role playing direncanakan dengan baik dapat menanamkan kemampuan bertanggung jawab dan bekerjasama dengan orang lain, menghargai pendapat orang lain dan bekerjasam dalam kelompok.

Tujuan dan manfaat metode role playing adalah:
1.      Agar siswa menghayati suatu kejadian atau hal yang sebenarnya dalam realita hidup
2.      Agar siswa memahami apa yang menjadi sebab dari sesuatu serta bagaimana akibatnya
3.      Mempertajam indera dan rasa siswa terhadap sesuatu
4.      Sebagai penyaluran atau pelaksanaan ketegangan dan perasaan-perasaan
5.      Sebagai alat mendiagnosa keadaan dan kemampuan siswa
6.      Pembentukan konsep diri suatu peran tertentu secara mandiri
7.      Menggali peranan-peranan dari figure seseorang dalam suatu kehidupan kejadian atau kegiatan.
8.      Membina kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, berfikir kritis analisis, berkomunikasi dan hidup dalam kelompok
9.      Melatih kemampuan siswa dalam mengendalikan dan memperbaharui perasaan cara berfikir, dan perbuatannya.

Syahyar Ridhana Putra menjelaskan dengan jelas, sehingga mudah untuk di mengerti. Dilengkapi juga dengan simulasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar